Friday, 3 April 2015

prospek kedepan sm3t

Sejak pertama kali diperkenalkan pada bulan Oktober 2011 kelayak publik, Program Sarjana mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal atau yang disingkat dengan SM-3T, menjadi idola baru bagi Alumni Sarjana Pendidikan di Indonesia. Pada awalnya banyak yang meragukan, apakah program ini hanya proyek pendidikan belaka atau memang benar suatu terobosan efektif untuk mengatasi permasalahan kekurangan guru terpencil khususnya didaerah 3T.

Namun sekarang keraguan itu telah terjawab. Terbukti, Program SM-3T membuktikan eksistensinya sebagai program unggulan dan bukan sekedar program abal-abal. Sampai pada tahun 2015 sudah tercatat lebih dari 10.000 orang alumni sarjana pendidikan telah bergabung menjadi sarjana Mendidik dipelosok-pelosok negeri ini. Mereka mengabdikan hidupnya untuk mengisi kekurang Guru didaerah 3T khususnya di kawasan Aceh, Kepulauan Riau, Kalimantan, NTT, Maluku, dan Papua sekitarnya.


Banyak cobaan dan rintangan yang harus dihadapi oleh seorang guru SM-3T. Termasuk mempertaruhkan nyawa pun menjadi jaminannya. Beberapa musibah duka tercatat telah dialami oleh peserta SM-3T, dari wabah penyakit, perahu tenggelam, dan masalah keamanan menjadi momok yang selalui menghantui peserta. 

Terakhir ini, musibah yang menimpa Mohammad Isnaeni peserta SM-3T asal Universitas Negeri Surabaya ditemukan tenggelam saat perahu yang ditumpanginya karam di perairan Maluku Barat. 

Pengabdian dan pengorbanan para Guru SM-3T merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi seluruh peserta. Tidak ada kemenangan yang dapat diraih tanpa harus melalui perjuangan. Untuk itu kesungguh-sunguhan menjadi modal penting dalam sebuah kata pengabdian.

Untuk memotivasi pengabdian Guru SM-3T, DIKTI pun telah menyiapkan prospek cerah sedemikian rupa, yang nantinnya akan dihadiahkan kepada pejuang-pejuang pendidikan ini. Mulai Dari Program Pendidikan Profesi Guru Berasrama dengan status beasiswa selama 1 tahun pasca SM-3T, dan Formasi Khusus dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil. Tapi semua prosek cerah ini hanya akan didapat oleh peserta yang serius dan dapat melewati alur yang telah ditentukan.

Seperti halnya, program PPG hanya diperuntukkan kepada alumni yang dinyatakan lulus mengikuti pengabdian SM-3T, dan formasi khusus dalam Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hanya diperuntukkan bagi peserta SM-3T yang dinyatakan lulus dalam PPG, dibuktikan dengan sertifikat pendidik.

Bagi peserta SM-3T yang dinyataka lulus PPG, juga di berikan pilihan untuk mengikuti Seleksi Calon pendidik di Sabah malaysia, dan pada tahun ini telah dibuka juga pendaftaran untuk Calon pendidik di Sabah, Johor batu Malaysia dan Mindanao Filipina. Dimana program ini menawarkan kontrak selama 2 tahun untuk mendidik anak-anak Indonesia yang ada didaerah sana dengan Gaji 15 juta/bulannya.
Alur Prospek Program SM-3T dari Tahun 2011 sampai sekarang

Menjadi seorang sarjana mendidik bukanlah perkara gampang, butuh banyak proses melalui tahap-tahap seleksi yang harus dilalui. Pada tahun ini Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) telah membuka kembali pendaftaran secara online yang dimulai dari tanggal 9 maret 2015 s/d 7 juni 2015. Penyeleksian secara online dan waktu pendaftaran yang panjang ini merupakan bukti nyata bahwa Kemristekdikti membuka peluang yang sebesar-besarnya kepada seluruh sarjana pendidikan yang ada untuk bersaing secara ketat.

Pendaftaran tahap awal secara online bertujuan untuk menyeleksi dokumen secara online, dan apabila dinyatakan lulus secara administrasi maka akan diberikan kesempatan untuk mengikuti Tes Online dengan menggunakan komputer di LTPK penyelenggara. 

Tahap selanjutnya apabila peserta dinyatakan lulus tes online maka peserta akan diundang untuk mengikuti tes wawancara, ini adalah selseksi akhir yang sangat menentukan, Apakah peserta layak menjadi the next sarjana mendidik atau tidak. Dan apabila beruntung dan layak bergabung, maka persiapkanlah diri anda dengan sungguh-sungguh untuk menjadi pejuang pendidikan yang seutuhnya.

Prospek SM-3T adalah nyata dan bukan iming iming belaka. Mulailah dengan niat baik untuk masa depan yang lebih baik

Salam Maju Bersama
disarikan dari
http://pak-pandani.blogspot.com/2015/04/prostek-program-sm-3t-itu-nyata.html?m=1