Thursday 4 June 2020

memulai jadi guru

banyak yang beranggapan bahwa menjadi guru adalah hal yang mudah dan merupakan Job pelarian setelah lamaran di tolak dimana-mana, akhirnya bermodalkan orang dalam terbitlah SK dinas atau bahkan hanya SK Kepala sekolah, dan mengandalkan gaji Dari dana BOS. Padahal sebenarnya tidak semudah itu untuk menjadi benar-benar guru profesional. Akhirnya banyak kita jumpai guru yang tidak menguasai bidangnya. Maka wajar jika benar ada pengamat pendidikan yang mengatakan hanya. .... Persen guru yang mampu menjalankan tugasnya dengan benar. Atau penelitian .... Mengatakan pendidikan Indonesia tertinggal ... Di tingkat Asia atau ... Di tingkat dunia. 

Bab sebelumnya telah kita bahas siapa saja yang bisa menjadi guru. Guru tak selamanya harus Keguruan,IKIP atau bertitel SPD. Guru bisa jadi sarjana sains, IT, Teknik, asalkan memiliki sertifikat pendidik yang linear dengan bidang yang di ajarkan (Permendikbud no 16 tahun 2019). Bab sebelumnya ..... jiga telah dibahas bagaimana cara mendapatkan sertifikat pendidik. 

Dibab ini kita akan membahas bagaimana cara meningkatkan kemapuan kita sebagai guru, baik secara pedagogik ataupun skill mendidik. Agar ilmu yang telah kita miliki mampu kita transfer ke siswa (sender-reciever). 

1. SIM PKB
Jika anda seudah resmi menjadi Guru, anda akan mendapatkan akun GTK, di sini PKB, ada pelatihan/modul yang harus anda selesaikan secara daring, pun juga akan diadakan pertemuan MGMP (SMP/SMA) atau KKG (SD) tergantung kesepakatan kelompok MGMP/KKG masing-masing. 

Di akun ininjuga anda biasanya mendapatkan undangan mengikuti kegiatan provinsi atau nasional, atau kerja sama PPG

2. Pembatik (Duta rumah Belajar)
Program pembatik  (.....) Adalah program pemilihan duta rumah belajar tingkat provinsi . Selain itu banyak pula pelatihan yang bisa di ikuti di website ini, misalnya kesosialan, mitigasi bencana, dan pelatihan daring lainnya. Dan ada levelnya. 

3. Anggota IGI
Menjadi anggota IGI sangat bermanfaat, anda bisa mengikuti beberapa workshop gratis, dan tentunya ilmunya sangat bermanfaat, terdapat sekitar .... Jenis workshop di IGI baik secara daring maupun workshop langsung. Dituntun sampai selesai oleh instruktur-i struktural kece. 

Bahkan jika anda sudah menguasai ilmunya, anda bisa gabung menjadi instruktur/mentor, tentunya bergabung di komunitas instruktur sangat banyak.ilmu yang bermanfaat

4. Webinar
Seminar Online atau yang sering kita dengar dengan iatilah webinar kini sedang hits, selain karena adanya wabah covid-19 pun juga karena daya dukung infrastruktur kita (internet) sudahumpuni untuk melakukan hal tersebut. 
Aplikasi yang biasa digunakan adalah live streaming di YouTube, Facebook, Instagram
Atau biasa jga diadakan di Zoom, webex,

Sekarang banyak rekan yang memiliki ilmu. Siap membagikan ilmunya baik berbayar, ataupun Free, banyak.juga rekan kita melakukannya sambil.mengumpulkan donasi. 
5. Melatih kemampuan secara mandiri
Tentu mememiliki ilmunya tak cukup. Mengaplikasikan dan mengasah kembali ilmu yang dimiliki adalah hal yang sangat penting, jika sudah merasa mampu untuk mengaplikasikan dalam dunia kerja sebagai guru. Cobalah untuk share ilmu anda. Atau jika menemukan ilmu secara otodidak, asahlah kemampuan anda di ilmu tersebut lalu bagikan ke rekan guru lainnya agar kemampuan share kita semakin maksimal. 
6. Guru Literat.
Walaupun begitu banyaknya media belajar secara audio visual sekarang ini, tapi saya secara pribadi masih mengunggulkan buku sebagai sumber belajar utama. Ada rasa kepuasan tersendiri ketika membaca buku dibanding hanya mengamati materi melalui YouTube misalnya. Bahkan ebook yang kesannnya jauh lebih simpel tidak bisa menggantikan buku secara fisik menurut saya. 

7. FGD. (Fokus grup diskusi)
Sebuah metode baik secara offline maupun online yang sangat baik. Dalam FGD tak ada yang memiliki ilmu lebih atau kurang. Semuanya saling melengkapi. Mencari hal-hal yang kurang lalu memperbaikinya. Menemukan hal-hal yang ungg lalu mengembangkannya. Bentuklah atau bergabung jika sudah ada group FGD sesuai sfesifik bidang anda. 

Sebenarnya masih banyak.lagi hal yang bisa dilakukan agar kita tidak menjadi guru gaptek. Tapi saya rasa cukup 7 saja. Jika anda memiliki ide tambahan. Masukkanlah di buku catatan anda dan diskusikan di grup FB. ....... Link. 

No comments:

Post a Comment

Komentar Anda ?