PERHATIAN !

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG KE BLOG KAMI, JANGAN LUPA SUBSCRIBE DAN SHARE KE MEDIA SOSIAL ANDA AGAR BLOG INI SEMAKIN BERKEMBANG( klik IKUTI, SUKA, dan FOLLOW) di bilah kiri atas blog ini, JIKA INGIN BERIKLAN HUB EMAIL (kaharmanibo@gmail.com) / WA (085342290537) KAMI

Kamis, 23 Juni 2016

REPORTASE KEGIATAN HARLAH MSI

Serentetan kegiatan akan menghiasi puncak perayaan Hari Lahir Masyarakat SM-3T Indonesia (MSI) yang pertama. Tujuan diadakannya rangkaian kegiatan tersebut sebagai penghantar menuju puncak perayaan yang akan dilaksanakan minggu malam (26/6). Ini untuk menginisiasi banyak pihak di luar sana bahwa gaung MSI terhadap kepeduliannya terhadap Pendidikan –terkhusus di daerah terluar, terdepan, dan tertinggal (3T)- bisa terdengar begitu jelas. Baik itu sasarannya kepada lembaga Pemerintah ataupun yang bersifat independent maupun komunitas.
MSI lahir dari keresahan yang begitu panjang. Para pemikir yang mencetus lahirnya lembaga ini tersadar bahwa ada pembetulan yang mesti dilakukan di ranah Pendidikan. Maka perlu dirancang sebuah rumah sederhana untuk menampung segala aspirasi tentang bagaimana pendidikan itu seharusnya. Saudara terdahulunya, SM-3T (Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), telah menasional terlebih dahulu. Namun masa pengabdian setahun tak cukup bisa membawa dampak yang masif dari perubahan pendidikan itu sendiri. Maka dari itu perlu up grade ide agar segala ketertinggalan di daerah 3T bisa teratasi. Maka dari itu MSI mesti dibentuk.
Setahun terakhir telah banyak yang dilakukan MSI untuk pendidikan Indonesia. Bermuara pada keresahan maka tercetuslah SM-3T Peduli yang bertugas untuk menyalurkan bantuan buku-buku pelajaran dan alat sekolah ke berbagai pelosok tertinggal dari Aceh hingga tanah Papua. Hal lain yang dilakukan MSI adalah terus menginisiasi lahirnya GGD II (Guru Garis Depan), yakni pengiriman ribuan guru-guru (alumni SM-3T yang telah menjalani proses Pendidikan Profesi Guru) untuk kembali ke daerah 3T.
Sebagai jalan menuju puncak perayaan maka beberapa perlombaan yang berskala lokal hingga nasional hingga bakti sosial dan buka puasa bersama.
23/6/2016
Lomba Mewarnai tingkat SD
Beberapa sekolah mitra dari P3G (Program Pengembangan Profesi Guru) kami jadikan sebagai peserta lomba, SDN Mongisidi I, SD BTN IKIP I, SD Inpres Karunrung, SD Inpres Hartaco, SDN Puri Taman Sari dengan jumlah peserta sebanyak 27 siswa. Kegiatan dimulai pada pukul 9.30. Siswa-siswa yang duduk di bangku kelas I & II berlomba memberikan yang terbaik. Bermacam warna dipadu-padankan di atas media gambar. Hingga pukul 11.30 perlombaan mewarnai selesai.
Lomba Media Pembelajaran
Melibatkan peserta dari alumni SM-3T yang kini tengah menjalani Pendidikan Profesi Guru (PPG). Mereka akan menampilkan media pembelajaran yang kreatif dan inovatif dan dapat teraplikasikan di daerah 3T. 12 jurusan turut andil dalam kegiatan ini; Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Bahasa Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Kimia, Pendidikan Fisika, Pendidikan Matematika, Pendidikan Teknik Elektro, Pendidikan Ekonomi, Pendidikan Geografi, Pendidikan Olahraga dan Bimbingan Konseling. Diharapkan dengan adanya lomba ini mampu menjadi pelopor adanya perlombaan serupa berskala nasional yang nantinya akan digagas oleh pemerintah pusat. Sehingga corong perhatian tertuju pada PPG Universitas Negeri Makassar.
24/6/2016
Bakti Sosial Panti Asuhan
Di hari kedua gong kegiatan tak berhenti. Kami terus menghembuskan nafas kepedulian. Kali ini kegiatan kami bersifat sosial; kunjungan dan donasi ke Panti Asuhan Nur Fatta Waasi. Hampir sebulan sebelumnya kami membuka keran bagi para donatur untuk mendonasikan apa yang bisa disumbangkan. Baik itu berupa pakaian bekas maupun berbentuk sembako.
Sekirannya di hari yang telah ditentukan ini, kami keluarga besar dari MSI akan berduyun-duyun menuju panti asuhan untuk menyerahkan donasi yang telah terkumpul. Dan serah terima bantuan ini akan diberikan langsung oleh Direktur MSI, Akhiruddin, S.Pd., Gr.

25/6/2016
Buka Puasa On The Road
Hari Lahir MSI yang jatuh tepat pada bulan ramadhan adalah sebuah keuntungan yang masif. Serangkaian kegiatan yang bernafas kepedulian bisa kami gagas dengan maksimal. Pada hari sebelumnya kegiatan kunjungan ke Panti Asuhan bisa terlaksana. Maka di hari sabtu ini giliran kami turun ke jalan untuk membagikan takjil untuk berbuka kepada pengguna jalan yang bersiap-siap pulang ke rumah atau yang terjebak macet dan mendapati waktu berbuka di atas jalan raya. Berlokasi di pertigaan ujung jalan A.P. Pettarani (depan MAN 2 Model). Kegiatan ini melibatkan para pengurus MSI dan juga peserta PPG SM-3T angkatan IV. Selain membagikan takjil kami juga membagikan selebaran yang bertujuan untuk mengaunggkan pendidikan 3T kepada khalayak luas.

26/6/2016
Talk Show dan Puncak Perayaan Hari Lahir MSI
Puncak perayaan Hari Lahir MSI yang pertama akan difokuskan pada dua lokasi dengan dua acara yang berbeda. Pertama, sejak pukul 13.00 siang akan di adakan talk show dengan tema umum “Alumni PPG SM-3T sebagai Guru Penyayang dan Inspiratif” yang akan menghadirkan 3 pembicara utama; Prof. Dr. Luthfiya Nurlaela, M.Pd (tim maju bersama mencerdaskan Indonesia) dengan tema wicara “Menemukan Karakter Indonesia Sesungguhnya melalui SM-3T”, Drs. Abdullah Pandang, M.Pd (Direktur P3G UNM) dengan tema sampaian “Guru di persimpangan Jalan; Antara Profesionalisme Mendidik dan Tantangan HAM”, serta Drs. Agus Susilohadi, M.Si (Pencetus Program SM-3T) akan memaparkan “Program SM-3T dalam Tinjauan Filosofis dan Humanis”.
Masih dalam rangkaian acara talk show. MSI juga akan membuka sudut pameran buku. Karya-karya yang ditampilkan adalah buah tangan dari para Alumni SM-3T ketika di masa pengabdian. Pun beberapa buah pikir ketika menjalani proses PPG. Semuanya akan terpajang dan siap menginspirasi para pembaca. Di sudut lain akan berdiri sebuah pohon harapan. Di ranting-rantingnya akan menggantung harapan-harapan para pemimpi yang menginginkan pendidikan yang lebih baik. Khususnya di daerah 3T. Dan spot terakhir adalah bentangan kain putih sepanjang 50 meter. Kain ini sebagai wadah aspirasi kebangsaan pendidikan Indonesia. Jadi seluruh peserta talk show yang kiranya akan mencapai 500-an lebih peserta akan menuangkan testimoninya tentang pendidikan di daerah 3T.
Kemudian kegiatan akan bergeser ke Basecare Masyarakat SM-3T Indonesia yang terletak di Komplek Minasa Sari Blok B10 no.22. Di Basecare MSI akan dibuka dengan kegiatan santunan kepada Panti Asuhan “Mantasiah”. Setelahnya akan ada penyampaian tauziah singkat oleh Ust. Askar Yaman, M.Pd. Lalu ditutup dengan acara buka puasa bersama.
Puncak perayaan Hari Lahir MSI akan dimulai pukul 9 malam tepat di Basecare MSI. Rentetan kegiatan beberapa hari terakhir akan menemui puncaknya malam ini. Bapak Drs. Agus Susilohadi, M.Si selaku pencetus program SM-3T akan menjadi pusat perhatian. Beliau akan memaparkan dengan gamblang pencapaian SM-3T selama ini serta penjelasan tentang pemberdayaan alumni SM-3T. Hadir pula tim SIMPUL 9 yang merupakan perpanjangan tangan dari MSI di daerah-daerah lain yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Mereka adalah prakarsa dari lahirnya Basecare MSI di daerah asal masing-masing. Kemudian bapak Drs. Agus Susilohadi, M.Si akan melaunching Basecare MSI se-Indonesia sekaligus pemotongan tumpeng sebagai simbolis resminya 15 Basecare MSI seluruh Indonesia. Ke depannya akan dimunculkan lagi Basecare-basecare yang baru untuk menginisiasi membesarkan MSI secara nasional. Hingga gaung yang kita inginkan bisa tercapai.